Faktor-Faktor Utama Berkontribusi Untuk Penghematan Ekonomi

Aerodinamika memainkan peran besar dalam pengembangan kendaraan, dengan mobil menghabiskan banyak waktu dan uang dengan mengutak-atik elemen eksterior penghemat bbm mobil untuk menghasilkan lebih sedikit hambatan, atau seret. Faktanya, jumlah hambatan yang dihasilkan oleh bentuk kendaraan banyak berkaitan dengan persyaratan daya mesin. Drag dihitung menjadi koefisien, dengan angka yang lebih rendah menunjukkan bentuk yang lebih licin. Jika Anda pernah bertanya-tanya mengapa penghemat bbm mobil seperti Toyota Prius dan Honda Insight memiliki penampilan yang sangat unik, itu karena mereka dirancang untuk menghasilkan jumlah seret yang paling sedikit.

penghemat bbm mobil

1. Induksi penghemat bbm mobil

Sejauh ini, kami telah melihat sejumlah elemen yang menentukan dengan tepat seberapa banyak kekuatan yang diperlukan kendaraan untuk berkinerja baik, tetapi ada faktor lain yang banyak berkaitan dengan bagaimana mesin mengembangkan kekuatan itu. Secara tradisional, mesin induksi paksa cenderung menggunakan lebih banyak bahan bakar daripada sepupu aspirasinya. Induksi paksa mencakup semua jenis turbocharger atau supercharger yang memaksa udara masuk ke ruang bakar. Seperti yang Anda ingat, lebih banyak udara biasanya berarti lebih banyak bahan bakar, dan sementara keduanya berarti lebih banyak kekuatan, induksi paksa dapat berdampak serius pada ekonomi bahan bakar.

Mesin turbocharged yang lebih baru jauh lebih efisien daripada yang berasal dari generasi sebelumnya. Itu berarti mesin perpindahan yang lebih kecil dapat menghasilkan lebih banyak daya dan menggunakan lebih sedikit bahan bakar daripada yang tanpa turbo.

2. Pembatasan Intake dan Exhaust

Ini adalah bagian lain dari kue itu, dan satu lagi yang secara langsung memengaruhi seberapa keras mesin Anda bekerja. Motor Anda pada dasarnya adalah pompa udara besar, mengisap udara, menggunakannya sebagai bagian dari rangkaian pembakaran dan kemudian memuntahkan gas buang ketika selesai. Mesin yang benar-benar efisien akan memiliki sangat sedikit pembatasan pada sisi asupan dan buang dari persamaan, tetapi dalam kehidupan nyata, itu tidak selalu praktis.

Sebuah mesin sangat keras, dan berkat peraturan federal yang bertujuan untuk mengurangi polusi suara, pembuat mobil harus menemukan cara untuk menenangkan produk mereka. Anda mungkin akrab dengan knalpot kendaraan Anda. Ini adalah bagian dari sistem pembuangan dan satu-satunya tujuannya adalah untuk menenangkan suara gas yang dikeluarkan meninggalkan penghemat bbm mobil Anda. Apa yang Anda mungkin tidak tahu adalah bahwa ada sistem serupa di sisi asupan motor Anda. Kotak udara Anda akan menenangkan suara yang dihasilkan udara saat masuk ke motor Anda, dan ketika kotak udara dan knalpot melakukan pekerjaan besar menjaga penghemat bbm mobil Anda tetap tenang, mereka menghasilkan banyak hambatan. Seperti biasa, lebih banyak resistensi berarti lebih banyak pekerjaan dan, pada gilirannya, lebih banyak konsumsi bahan bakar.

Sekarang ada sebuah cara bernama ecoracing bia anda ingin menghemat bbm kendaraan kita

3. Perlawanan Bergulir

Berbicara tentang resistensi, ban kendaraan Anda memainkan peran besar dalam betapa mudahnya mobil Anda melaju di jalan raya. Semua ban menghasilkan sejumlah rolling resistance — atau jumlah upaya yang diperlukan untuk menggulung permukaan kemudi. Meskipun kebanyakan orang cenderung menganggap ban mereka bulat sempurna, kenyataannya adalah tempat kontak karet di jalan sebenarnya adalah tempat datar seukuran tangan Anda. Berat kendaraan yang menekan ban menghasilkan tambalan kontak ini, dan sementara patch kontak yang lebih besar biasanya menyamakan penanganan dan kontrol yang lebih baik, itu juga dapat berdampak negatif pada ekonomi bahan bakar Anda.

Produsen ban semakin melihat cara terbaik untuk mengurangi hambatan gelinding sambil tetap menawarkan banyak pegangan. Mengubah pola tapak dan kompon karet telah membantu menghasilkan ban yang membutuhkan lebih sedikit pekerjaan untuk mendapatkan rolling, dan produsen mobil mengambil keuntungan dari teknologi.

4. Ketahanan Mekanis

Ada jenis lain dari produsen mobil ketahanan terkait, yang disebut resistensi mekanis, yang lebih berkaitan dengan komponen mekanis kendaraan daripada ban. Ketahanan mekanis menggambarkan jumlah upaya yang diperlukan untuk memindahkan setiap bagian dari drivetrain kendaraan. Biasanya, transmisi otomatis menghasilkan lebih banyak perlawanan daripada rekan-rekan manual mereka, tetapi sistem lain seperti as roda, bantalan roda dan semua komponen lain yang membuat mobil Anda menyusuri jalan semua chip ke produk secara keseluruhan.

Ketahanan mekanis biasanya menyumbang sekitar 15 persen penurunan daya dari apa yang dihasilkan mesin ke apa yang benar-benar membuatnya ke trotoar. Itu berarti jika sebuah mesin menghasilkan 100 tenaga kuda, hanya sekitar 85 kuda yang berhasil mencapai tanah. Trik seperti pelumas sintetis, bahan ringan, dan toleransi manufaktur yang lebih ketat dapat berkontribusi terhadap berkurangnya hambatan mekanis di dalam kendaraan.

5. Ketinggian

Mungkin terdengar aneh, tetapi ketinggian memiliki suara dalam jenis ekonomi bahan bakar yang didapat kendaraan Anda. Ada lebih sedikit oksigen pada 10.000 kaki daripada di permukaan laut, yang berarti bahwa untuk setiap stroke motor Anda, penghemat bbm mobil Anda mengambil lebih sedikit oksigen, dan dengan demikian menghasilkan lebih sedikit daya. Lebih sedikit daya berarti Anda lebih cenderung masuk ke throttle dan tetap di sana — menggunakan lebih banyak bahan bakar daripada biasanya.

Untuk alasan ini, kendaraan bermuatan turbocharged cenderung lebih baik di ketinggian yang lebih tinggi karena mereka dapat memaksa lebih banyak udara masuk ke ruang bakar dan menghasilkan banyak tenaga. Melakukannya membuat pengemudi tidak perlu menanam kaki kanan mereka di papan lantai untuk waktu yang lama, menghemat bahan bakar bahkan jika itu adalah turbo yang lebih tua.

6. Suhu

Sama seperti ketinggian, yang satu ini memiliki segalanya yang berkaitan dengan jumlah oksigen yang dapat diambil oleh motor Anda. Semakin panas iklimnya, semakin jauh molekul oksigen yang dilepaskan dan semakin sedikit mesin Anda dapat mengkonsumsi dengan setiap pukulan. Ke suatu titik, semakin dingin suhu eksterior, semakin padat muatan pembakaran di dalam motor Anda – menjaring Anda lebih banyak daya per revolusi untuk jumlah bahan bakar yang sama.

Ini adalah prinsip yang sama di balik gagasan aftermarket asupan udara dingin, di mana udara diambil dari tempat lain selain teluk mesin panas. Muatan udara yang lebih padat hanya menghasilkan lebih banyak daya daripada rekannya yang lebih panas dan lebih padat. Itulah mengapa kebanyakan mobil sport high-end memiliki intake fungsional yang menarik udara dari luar kendaraan ke dalam asupan mobil.

penghemat bbm mobil

Sementara semua ini memainkan bagian penting dalam jenis ekonomi bahan bakar yang didapat kendaraan, faktor terbesar adalah bagian di belakang kemudi — Anda. Gaya mengemudi dapat mengubah bahkan pengendaraan yang paling efisien bahan bakar menjadi pompa bensin yang memalukan. Untuk tips tentang cara memeras setiap mpg terakhir dari perjalanan Anda saat ini, baca artikel kami tentang meningkatkan efisiensi bahan bakar Anda.